Pulau Pahawang, Lampung (1)


Bicara soal Lampung, kurang afdhol rasanya jika tidak membahas soal Pulau Pahawang. Sama seperti Danau Toba yang jadi ikonnya Sumatera Utara dan Bali dengan pantainya. Nah Pulau Pahawang adalah representasi yang baik dari Lampung. Dengan jarak kurang lebih 5 jam dari pelabuhan dan 3 jam dari Kota Lampung. Pulau ini menawarkan keindahan dan ketenangan untuk kalian yang merindukan liburan yang indah dan menyenangkan.

Kelebihan dari Pulau ini adalah, masih sangaaaat bersih dan belum banyak yang tahu soal Pulau ini. Dari rentetan 2 (dua) hari perjalanan yang saya lakukan, kurang lebih ada 7 pulau yang mengelilingi. Pulaunya bersih, segar, dan masih sangat baguuuuus. Yang jadi daya Tarik pulau ini adalah, ya, lokasi foto di bawah air yang biasa digunakan untuk snorkeling. Pantainya bagus. Langitnya bagus. Hutan bakau nya bagus. Semua lokasi disana sangat cocok untuk mengambil foto. Di dalamnya ada pahatan tulisan pulau ikan nemo dan pulau pahawang, sayangnya karena tidak terlalu jago menyelam dan parno ular air – saya tidak berhasil mengabadikan lokasi itu.



Kalau kalian pernah melihat film india yang dibintangin amir khan, yang judulnya 3 IDIOTS. Kalian pasti akan tau ada satu pantai di akhir film yang sangaaaat bagus, terdapat belahan pantai untuk menyeberang orang, dan di Pulau Pahawang ada lokasi tersebut ketika pantai sedang surut. Jadi rugi rasanya kalau ketika ke Lampung tidak menyempatkan kesana.

Kekurangan dari Pulau ini, saking terlalu bagusnya karna lokasinya yang tidak sembarang waktu bisa ditempuh – seperti Pulau Sempu di Malang, disana belum banyak penduduk yang tinggal di Pulau-Pulau yang saya sebut tadi. Masih sepi. Sehingga akses dari sana memang sangat minim. Sebelum matahari tenggelam rombongan sudah harus kembali kecuali memang memutuskan untuk singgah – camp, meskipun menurut saya hanya nelayan dan penduduk local saja yang sedang mencari tangkapan yang menginap disana. Karena fasilitas belum begitu banyak, pastikan kalian tidak membawa banyak barang yang justru merusak pemandangan.

Jika kelaparan, hanya ada beberapa penjual yang hanya menjual mie rebus atau popmie dan harganya jelas tidak murah. Yang jelas, dibandingkan seluruh kekurangannya tadi, saya rasa masih terlalu banyak kelebihan lain dari Pulau Pahawang yang bisa kalian saksikan – terutama yang suka sekali snorkeling dan pantai. Lagipula, sekalipun itu tidak indah, saya yakin setiap tempat selalu meninggalkan kenangan di benak masing-masing orang.

Jadi, selamat liburan.

Ini nih video yang diambil oleh teman serombongan saya dengan drone. Check betapa bagusnya disana.